Jumat, 24 Januari 2020




Hari ini makan malamnya Ayam Karawaci. Hore !!! Udah lama banget nggak makan ini. Rasanya kangen juga ama kremesannya. Ya, emang Ayam Karawaci ini kan basicnya ayam kampung joper yang digoreng kremes ya. Joper itu kalau di Jawa singkatannya Jowo Super. Atau bahasa gampangnya ayam kampung yang masih belum terlalu tua, ibaratnya masih pantaran remaja lah ya (e bener ga sih?) sehingga tekstur dagingnya juga jauh lebih empuk, ga terlalu wuled kayak ayam kampung kebanyakan.

Ayam Karawaci ini yang paling jos ya yang model utuhan. Jadi dia digoreng megar gitu, mulai dari kepala, dada, sayap, paha sampai brutu-brutunya #etdah bahasa w brutu Coy hahaaa…..


Nah, di atasnya itu dia ada ditaburin model kremesan yang rasanya kriuk bin gurih banget. Kremesannya itu yang aku sebenarnya sering cari. Karena kalau makan ayam kampung tanpa kremesan, rasanya bagai sayur tanpa garam kurang enak kurang segar #lah malah nyanyik hahaaa…. ya begitulah, i love being kremesan.

Sebenarnya, untuk menunya sendiri, ada sih yang non ayam kampungnya, kayak ayam pedaging, bebek maupun bandeng. Bebek ada yang digoreng utuhan, ada juga yang digoreng separuh. Tapi bebek utuhnya sering kosong, jadi apa mau dikata ku pesennya yang jadi primadonanya aja lah ya yaitu ayam kampung goreng.

Jadi sepulang nganterin si adek ke Serpong, kami pulang lewat Karawaci biar bisa mampir di cabangnya yang di Imam Bonjol yang searah sama Ramayana Cimone. Sebenarnya kami udah sering makan juga sih di sini, malah jauh sebelum ada anak-anak. Ya maklum dulu pacarannya aja nyampe 3 tahun (nunggu beneran dikasih momongan), jadi udah ngrasain yang namanya kulineran hahaha… Malah pas hamil anak pertama, ngedate makan siangnya di cabang Imam Bonjol ini karena Pak Suami setelahnya mau belanja baju di Ramayana. Terus pas makan di situ juga dia penasaran ama bandeng prestonya. Sedangkan aku tetep ayam. Isian paketannya kurang lebih sama sih antara yang ayam sama yang bandeng. Yaitu selain si ayam maupun bandengnya itu sendiri, juga ada sayur asem, timun, sambal bawang, dan juga sambal terasinha. Bedanya paling yang bandeng ada tambahan tahu-tempenyal. Tapi pas icip-icip, aku lebih suka yang ayam sih.

Nah, ke situ itu kurang lebih pas awal-awal cabangnya baru buka jadi masih banyak promoan. Sekarang udah ada anak-anak jarang makan di luar, jadinya pas ada kesempatan yaudah sikaaaat aja, kapan lagi yekan aku makan enak ahahhaha…

Namun pada kesempatan kali ini kami memilih untuk beli buat dibungkus aja. Karena kebetulan hari udah malam, dan agak rempong bawa bayi di jam-jam magrib. Takutnya pada rewel, jadi lebih baik angkut aja buat mamam di rumah. Akhirnya Pak Suami sama anak pertama turun buat order, sedangkan aku dan anak kedua nunggu di mobil (iya soalnya doi masih bubuk pules banget, kecapean abis main dan olahraga hahaha) #jaga kandang euy #terima beres #minta digibeng.

Tadinya ditawarin Pak Suami mau bebek apa ayam. Aku pikir bebek boleh juga. Eh pas order bebek utuhnya kosong, adanya yang udah potongan. Yaudah bebeknya cancel deh, ganti ayam aja. Maklum kalau bebek lebih puasan yang utuhan ketimbang yang cuma potongan dada or paha, hihi… Karena kan kalau yang utuhan dijamin kulitnya lebih berlimpah ya. Jadi, ya sudahlah ya, mungkin belum rejekinya hari itu makan bebek.











Fix pesanlah 2 paket ayam karawaci yang per dusnya itu terdiri dari 1 kepal nasi, 1 ekor ayam utuh, 1 plastik sayur asem, timun, kremesan, sambal korek, dan juga sambal terasi. Porsi nasinya lumayan imut, sekepalan nasi keepci, ayamnya tapi lumayan gede loh dan cukup mengenyangkan, jadi kalau yang suka ga abis, mending belinya buat barengan. Sementara itu, sambelnya sendiri emang terdiri dari 2 macam walau yang terasi ga sepedes sambal koreknya (menurutku). Tapi jujur walau tu sambal korek rasanya nylekit, tetep ae perasaan pingin nyolek tuh seakan ga ada hentinya halah hahaha. Apalagi kalau udah diuwek-uwek ama kremesan dan lalapan timunnya. Beeegh ! Mancaaaab !!

Harganya udah naik goceng dari terakhir aku ke sini 2 tahun lalu yakni dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu. Yah, kayaknya hampir semua tempat makan selalu menaikkan harganya tiap tahun karena menyesuaikan tarif inflasi kali ya huahaha… Tapi ga masalah sih asal kualitas tetap terjaga (Gustyanita Pratiwi).

“Ayam Goreng Karawaci”
Jalan Imam Bonjol No.34 C-D, Karawaci, Tangerang
Delivery (021) 553 2703 atau 0812 1978 8113/ 0878 888 700 136


0 komentar:

Posting Komentar