Selasa, 21 Januari 2020



Kapan hari ya, aku pernah nemu mie ayam dekat pasar secara dadakan yang rasanya lumayan nylekamin alias wuenak. Oh ya, aku ingat, kira-kira waktu mudik ke kampung halaman dan mampir sebentar ke area Kutowinangun lalu ngemie di depan pasarnya. Yah, bisa dibilang pas lagi kena harga-harga tuslah lah. Dimana orang udah pada bosen ama sajian opor dan larinya pasti ke mie ayam kalau ga bakso. Makanya ga heran kalau lebaran tiba, justru 2 menu ini yang paling laris diantara yang lain.

Mie ayam depan Pasar Kutowinangun sebenarnya ya sama aja kayak mie ayam pada umumnya. Cuma entah kenapa rasanya enak. Apalagi emang yang lokasinya dekat pasar biasanya rame. Kami aja ke sana kira-kira abis magrib udah menuju ntek-ntekan. Ngantri boooook ! Ya, seperti yang aku bilang tadi, hasrat mengudap makanan selain santennya opor tuh lagi tinggi-tingginya. 


Untuk mie ayam depan Pasar Kutowinangun ini, pengalamanku sih dapet tekstur mie yang kekenyalannya pas. Ukuran mienya sedeng lah, ga kekecilan juga kegedean. Ayam kecapnya juga banyak. Rasanya manis pedes ala lada. Maknyus tenan lah istilahnya. Apalagi ketambahan sawi yang tersembunyi di balik tumpukan mie...waduh....ini sih godaan qaqa...

Kalau masalah makannya, untuk mie ayam aku lebih suka dibikin yamin daripada dikasih duduh aluas kuah. Beda dengan suamiku yang udah ahli menakar seberapa banyak kuahnya sehingga biar kata ditenggelamin ke dalam mangkok jagonya, itu mie tetep pas kekenyalannya. Coba aku yang ngasih, wuhhh pasti langsung ndlodrog alias cepat mengembang. Itulah sebabnya aku prefer yang yamin saja. Yamin itu yang dibikin manis kecapnya full itu loh. Selain itu, aku juga suka yang sawi atau cesinnya banyak. Pleeus ceprotin sambel rawit encer dan kecap. Sambelnya sesendok teh aja cukup sih. Bukan yang doyan pedes soalnya. Kalau saos ga gitu suka. Ga ahli nuangin saos akutu.... Takut kecoran terus kuahnya jadi super merah, wkkk... Berbeda dengan suamiku, dia paling pinter maduin saos, sambel, serta kecapnya. Jadi tuh rasanya tetep enak #harus belajar akutu sama dia huaha....







Habis berhuh-hah huh-hah ria dengan mie ayam yang lumayan pedas membara, semangkok sop buah langsung kami pesan buat pelega tenggorokan. Es buahnya lumayan berlimpah isiannya. Buahnya macem-macem, ada apel fuji, semangka, melon, degan, juga agar-agarnya yang berwarna-warni. Sungguh perpaduan yang pas dengan sirop merah muda dan kental manisnya. Sluuuurp ! (Gustyanita Pratiwi)

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar